Thursday 10 October 2013

PENGARUH GAJII DAN IINSENTIIF TERHADAP PRODUKTIIVIITAS KERJA KARYAWAN


1.     Apakah ada pengaruh?

Jawab :
Berdasarkan hasil analisa regresi di BAB IV, diperoleh kesimpulan bahwa gaji dan insentif berpengaruh secara signifikan terhadap Produktivitas Kerja karyawan. Ada hal yang menarik dari penelitian ini, yaitu adanya negatif antara gaji dengan produktivitas. Atau dengan kata lain, jika gaji dinaikkan maka produktivitas kerja karyawan akan menurun. Karena jika karyawan sudah mendapatkan gaji yang lebih, akan merasa tercukupi kebutuhannya. Dan karyawan akan semakin menurun produktivitasnya. Hal ini juga selaras dengan wawancara kepada karyawan dengan gaji yang sedikit karyawan merasa tidak layak gajinya. Dan karyawan akan lebih termotivasi dengan adanya insentif dari perusahaan. Sehingga karyawan akan merasa dihargai dengan adanya insentif.

2.     Pengaruh Positif dan Negatif?

   - Dampak Positif :

1.      Daya kreativitas menjadi iri, dengan adanya insentif para karyawan terdorong untuk menciptakan metode baru yang lebih efektif di dalam menjalankan tugasnya, dengan penerapan metode baru inilah akan memberikan hasil kerja yang lebih sempurna baik dalam kualitas maupun kuantitas.
2.      Menimbulkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan yang mereka lakukan dan kepuasan dalam menjalankan tugas, akan membawa suatu suasana bahwa mereka ini adalah merupakan salah satu perangkat pelaksanaan demi kelancaran perusahaan dalam mencapai tujuannya.
3.      Rasa harga diri, hal demikian akan timbul dengan sendirinya sesudah pihak perusahaan menghargai secara wajar atau hasil kerja para karyawan baik dalam segi materi maupun non materi, dalam arti bahwa karyawan benar-benar merupakan salah satu sarana untuk ikut menunjang kelancaran tugas.





Dampak Negatif

1.  Karyawan akan menjadi iri kepada karyawan yang lain yang mendapatkan insetif lebih.
2.  Bagi karyawan yang tidak mempunyai produktivitas kerja dan kemampuan akan merasa nyaman dengan adanya insentif. Yang mana tidak akan memberikan hasil kerja yang tidak maksimal
3.  Dengan adanya insentif karyawan akan merasa cukup dalam produktifitas kerja sehingga karyawan santai dalam melakukan aktifitas dalam perusahaan.


3.     Signifikan atau tidak?
-          Berdasarkan hasil analisis regresi berganda bahwa variable gaji berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Indo Perkasa Computindo. Akan tetapi apabila gaji karyawan dinaikkan maka Produktivitas kerja karyawan akan menurun. Karena semakin tinggi gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, maka semakin menurun produktivitas kerja karyawan. Perusahaan harus memberikan gaji sesuai dengan hasil yang telah diberikan kepada perusahaan. Hal ini selaras dengan adanya wawancara bahwa karyawan merasa gaji yang diberikan kurang layak. Sehingga kebutuhan karyawan masih belum terpenuhi.

-          Berdasarkan hasil analisis regresi berganda bahwa variable Insentif berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Indo Perkasa Computindo. Perusahaan harus menaikkan insentif terhadap karyawan, Agar karyawan bias menghasilkan yang lebih dalam menjual komputer. Ini menandakan bahwa insentif baik bagi karyawan. Kondisi ini sesuai dengan sebagian karyawan yang diwawancara. Insentif memang cukup membantu perekonomian karyawan sehingga karyawan bias bekerja dengan maksimal.

-          Berdasarkan Uji F. bahwa gaji dan insentif secara bersama-sama dan serentak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada CV. Indo Perkasa Computindo. Hal ini menandakan bahwa perusahaan harus adil dalam memberikan gaji dan insentif terhadap karyawan secara merata, agar karyawan merasa dihargai dan betah.


4.     Apakah ada faktor lain?
A.     Tingkat upah dan gaji berlaku
Tingkat upah dan gaji yang berlaku umum itu tidak bias diterapkan begitu saja oleh suatu organisasi tertentu. Kebiasaan tersebut masih harus dikaitkan dengan berbagai factor lain, salah satu factor yang harus dipertimbangkan ialah langka tidaknya tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus tertentu dan sangat dibutuhkan oleh organisasi yang bersangkutan.
B.      Tuntutan serikat pekerja
Dalam masyarakat dimana eksistensi serikat pekerja diakui, sangat mungkin terdapat keadaan keadaan bahwa serikat pekerja berperan dalam mengajukan tuntutan tingkat upah dan gaji yang lebih tinggi dari tingkat yang berlaku.
C.      Produktivitas
Agar mampu mencapai tujuan dan berbagai sasarannya, suatu organisasi memerlukan tenaga kerja yang produktif. Apabila para pekerja merasa bahwa mereka tidak memperoleh imbalan yang wajar, sangat mungkina mereka tidak akan bekerja keras.
D.     Kebijakan organisasi mengenai upah dan gaji
Kebijakan suatu organisasi mengenai upah dan gaji bagi para karyawannya tercemin pada jumlah uang yang dibawah pulang oleh para karyawan tersebut.
E.      Peraturan perundang-undangan
Pemerintah berkepentingan dalam bidang ketenagakerjaan dan oleh karenanya berbagai segi kehidupan kekayaan pun diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan.

Sumber:
http://www.ziddu.com/download/23124161/PEENNGGAARRUUHHGGAAJJIIDDAANNIINNSSEENNTTIIFF.pdf.html

Kelompok :
Idham mulya                               1313000005
Ryandi Ibrahim                          1313000006
Irsan Anugrah                            1313000013
Categories:

0 comments:

Post a Comment